Friday 28 June 2013

Memanfaatkan Fitur Facebook Hashtag Dalam Bisnis Online

0 comments
Selamat pagi, siang, sore, malam sahabat semuanya! Pada artikel sebelumnya saya supdah pernah menulis artikel tentang "Facebook Luncurkan Fitur Hashtag Seperti Twitter!". Seperti janji saya sebelumnya, kali ini zicblogger akan membahas kembali topik yang masih berkaitan dengan Facebook dan Hashtag. Jadi artikel ini dapat dibilang sebagai artikel lanjutan dari artikel tersebut. Bagi orang yang kurang peka perhadap peluang, kemunculan fitur baru dalam facebook ini mungkin hanya akan dipandang sebelah mata. Namun tahukan anda, bagi beberapa orang yang kreatif sebenarnya ini adalah peluang. Peluang apa mas? Penasaran? yuk kita lanjut baca!
Memanfaatkan Fitur Facebook Hashtag Dalam Bisnis Online Terbaru 2013
Kemajuan teknologi memang telah banyak membantu dan memberikan kemudahan pada manusia dalam melakukan pekerjaan. Misalnya saja di perkantoran, fasilitas komputer dan internet dapat membantu para pekerja dalam mengerjakan tugasnya. Dan begitupun dalam bisnis, jika pada tahun-tahun sebelumnya sebelum mengenal yang namanya internet, berbisnis hanya bisa dilakukan di dunia nyata dan tentu saja cakupannya juga terbatas. Berbeda dengan sekarang, selain dilakukan secara offline (di dunia nyata), berbisnis juga dapat dilakukan secara online misalnya saja melalui blog, website ataupun toko online. Namun menurut saya tidak semua orang bisa mengelola blog dan toko online, disamping memerlukan kemampuan yang lebih juga kita memerlukan biaya yang lebih pula. Nah maka dari itu, disini saya akan berbagi tips bagaimana cara Memanfaatkan Fitur Facebook Hashtag Dalam Bisnis Online khusunya dalam berjualan. Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak point-point penting berikut :

A. Mengetahui orang-orang dengan minat yang sama dengan fitur Hashtag

Nah, sebelum kita berpromosi lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pada siapakah iklan  akan ditujukan? Orang dewasakah? remajakah? anak-anak? penggemar olahraga dsb. Mengapa kita perlu melakukannya? Jawabannya mudah, agar peluang terjadinya transaksi menjadi lebih besar. Atau coba anda bayangkan, jika anda mempromosikan suatu produk kecantikan pada pria dewasa, apa yang akan terjadi? Maka promosi anda tidak akan dilihat oleh mereka. Karena pria dewasa tidak buth yang namanya alat-alat kecantikan. Nah, cara menentukan  untuk mengetahui orang-orang dengan minat yang sama, kita dapat memanfaat fitur hashtag. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan langkah-langkah berikut :
1. Silahkan Login ke Facebook
2. Kemudian anda buat status dengan hastag diikuti dengan kata kunci yang anda maksudkan. Misalnya anda ingin mencari orang-orang yang menggemari fashion. Ya anda buat status dengan menggunakan hashtag fashion. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini :
Cara Menggunakan Fitur Hashtag di Facebook - Terbaru 2013
3. Setelah itu, klik hashtag fashion tersbut dan akan muncul beberapa orang / akun facebook yang menggunakan hashtag "#fashion". Untuk lebih jelasnya silahkan anda klik link dibawah ini :
http://www.facebook.com/hashtag/fashion
4. Setelah anda mengetahui orang-orang yang mempunyai minat dibidang fashion, sekarang anda tinggal add mereka sebagai teman di facebook.

B. Menggunakan Tag pada Foto di Facebook

Jika anda adalah seorang pebisnis online terutama yang menjual suatu produk, uploadlah foto produk yang anda jual tersebut, kemudian berikan deskripsi atau penjelasan yang menarik yang mampu membuat orang lain tertarik untuk membeli produk anda. Selanjutnya Tag-kan foto anda tersebut ke semua teman-teman anda, agar teman-teman di facebook anda tahu produk yang anda jual. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini :
Contoh Penggunaan Tag pada foto Facebook

3. Memanfaatkan Fitur Fans Page dari Facebook

Anda juga bisa membuat sebuah fans page ( halaman ) Facebook untuk produk anda. Anda bisa menamakan fans page tersebut sesuai dengan nama produk yang akan anda promosikan atau minimal relevan dengan produk yang akan anda jual. Fans Page ini bisa anda manfaatkan sebagai toko online mini, karena di dalamnya, ada fitur HMTL yang bisa anda modifikasi untuk menjadi tampilan toko online. Semakin banyak jumlah orang yang memberikan LIKE di fans page anda, maka jangkauan audiens anda juga akan semakin luas.

4. Memanfaatkan Fasilitas Iklan di Facebook

Dengan memanfaatkan Iklan Facebook, iklan produk akan ditampilkan di sisi kanan halaman profil pengguna Facebook. Untuk Iklan Facebook ini, disarankan anda harus sudah betul-betul menguasai hal-hal yang bersifat sistematis. Karena jika anda belum mengetahuinya, alih-alih mendapatkan keuntungan, justru rugi yang akan didapat karena iklan yang tampil tidak tertarget pada pangsa pasar yang diharapkan. Nah, inilah maksud saya, bahwa menetukan target itu penting.
Itulah 4 cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk memanfaatan Facebook sebagai media bisnis online. Sehingga, ketika anda menggunakan Facebook, anda tidak hanya bisa berbagi sesuatu yang menarik kepada teman anda, namun anda juga dapat menjadikannya sebagai tempat untuk mencari penghasilan tambahan.
Demikian yang dapat saya sampaikan dalam artikel "Memanfaatkan Fitur Facebook Hashtag Dalam Bisnis Online" ini. Mudah-mudahan dapat bermanfaat khususnya bagi anda yang sedang mendalami kegiatan bisnis online. Terimakasih telah berkunjung! ^_^

No comments: